Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
RSS
_________________Jumlah komentar pengunjung yang singgah pada artikel ini________________>>>>>>

Alat Musik Siter

Alat Musik Siter (Jawa Tengah)

Siter adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa. Ada hubungannya juga dengan kecapi di gamelan Sunda. Nama "siter" berasal dari Bahasa Belanda "citer", yang juga berhubungan dengan Bahasa Inggris "zither".

Senar siter dimainkan dengan ibu jari, sedangkan jari lain digunakan untuk menahan getaran ketika senar lain dipetik, ini biasanya merupakan ciri khas instrumen gamelan. Jari kedua tangan digunakan untuk menahan, dengan jari tangan kanan berada di bawah senar sedangkan jari tangan kiri berada di atas senar. Siter dan celempung dengan berbagai ukuran adalah instrumen khas Gamelan Siteran, meskipun juga dipakai dalam berbagai jenis gamelan lain.

Suaranya lembut dan jernih layaknya alat musik petik lainnya. Melodi yang dimainkan oleh siter bisa sangat variatif. Alat musik Jawa Tengah ini memang sudah jarang dimainkan. Bahkan saat ini ternacam punah. Padahal siter adalah gitar Jawa yang suaranya tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan guzheng (Cina) atau sitar (India).

Alat musik ini berukuran 20x50 cm. Bahannya dari kayu jati dan memiliki 13-24 senar. Siter memiliki dua sisi. Sisi pertama disebut pelog dan sisi yang lain disebut slendro. Siter adalah pasangan gamelan Jawa. Musik eksotis gamelan Jawa tradisional, sudah wajib hukumnya untuk diiringi siter.
Gitar Jawa ini memiliki suara yang indah. Konon pada saat pembuatan, tidak sembarang orang bisa menyetemnya. Inilah kenapa orang-oang yang bisa menyetem siter dianggap maestro dalam musik Jawa.

Ada beberapa yang mengatakan bahwa siter mengadopsi banyak gaya India. Ini karena namanya hampir sama dengan alat petik negeri Asia Selatan tersebut. Dalam memainkan gitar Jawa ini, biasanya tempo para musisi cenderung cepat. Ini karena alat musik ini merupakan jenis alat musik pengiring. Cara memainkannya hampir sama dengan kecapi, memakai dua tangan dan ibu jari sebagai penahan getaran dari senar. 

Slendro dan Pelog, Nada Khas Siter
Slendro dan pelog saling berhubungan. Ini merupakan nama nada yang ada dalam siter. Gitar Jawa tradisional ini dibagai menjadi dua bagaian nada. Dari 24 senar yang ada, biasanya 11 disetel nada slendo dan 13 lagi disetel nada pelog.

Perbedaan nada dari pelog dan slendro itu akan terdengar sangat jelas ketika dimainkan. Nada yang dikeluarkan oleh pelog itu berada dua skala lebih dari gamelan asli Bali dan Jawa. Dalam pelog, nada dibuat dengan merangkai beberapa interval yang lebar. Interval nada dari pelog cenderung ekstrim. Pelog memiliki 7 nada. Ketujuh nada itu disebut “dada”, “nem”,”gulu”, “lima”, “bem” dan “pelog”.
Nada lain yang dikelularkan oleh slendro sifatnya lebih mudah dicerna daripada pelog. Slendro sifatnya lebih fleksibel dan berjarak hampir sama dalam satu oktaf. Slendro memiliki 5 dasar nada. Interval nadanya pun lebih sempit dengan pelog. Tangga nada slendro mempunyai sebutan “siji”, “loro”, “telu”, lima”, “enem”. 

Selain Siter ada beberapa alat musik tradisonal Jawa Tengah lain yang tidak kalah menarik yang disebut celempung. Siter dan celempung merupakan dua alat musik yang berbeda. Karena keduanya hampir selalu dimainkan secara bersamaan, maka banyak orang yang menganggap siter dan celempung merupakan alat musik yang sama.

Saat ini, gitar Jawa yang mempunyai suara unik sudah hampir punah. Ada baiknya kita mengenalnya dan lebih baik lagi jika kita mencoba memainkannya. Siter adalah pintu sejarah. Musik yang diciptakannya bisa menjadi aat pembuka bagi sejarah yang lain.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Music Share Academy

Anda telah membaca artikel Alat Musik Siter Pertama saya ucapkan terimakasih untuk anda yang telah berkunjung disini. Semoga semua yang anda dapat disini bisa bermanfaat. Silahkan bagi yang ingin berkomentar, kritik atau sarannya. Silahkan dokumentasikan sebaik-baiknya dan publikasikan seluas-luasnya.. Tapi jangan lupa sertakan juga sumbernya :D
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Apa yang ingin anda sampaikan pada artikel ini ??


close

Backlink

backlinkFree Backlinks ExchangeFree BacklinksDAHOAM Free BacklinksLinki Linki Free BacklinksDie Gute SaatFree Automatic LinkDie Gute SaatFree Backlinks Exchangeechange de liensFree Automatic LinkIntercambio de enlacesFree Automatic LinkFree Automatic LinkFree Automatic LinkFree Automatic Elvira LinksFree Automatic LinkIntercambio gratis de EnlacesFree BacklinksFree BacklinksUnlimited Backlink ExchangeUnlimited Backlink ExchangeTradiciones Peruanas de Ricardo PalmaAutomatic Backlink Exchange